Kebutuhan Gas Industri Untuk Industri Baja Semakin Meningkat

steel-industryDewasa ini gas industri sudah semakin luas digunakan dalam industri-industri besar. Gas-gas ini dijual dalam bentuk cair, kompresi atau padat. Gas-gas ini termasuk helium, Argon, asetilena, karbon dioksida, neon, Nitrogen, Oksigen dan nitrous oxide. Oksigen, hidrogen, karbon dioksida, nitrogen dan argon yanag adalah gas umum; dan juga neon, xenon dan kripton yang adalah gas langka.

Gas industri digunakan hampir di setiap jenis industri dan juga dalam setiap segi kehidupan. Kebutuhan akan gas industri semakin meningkat seiring dengan era industrialisasi yang terus berkembang. Data terakhir menyebutkan, kebutuhan akan gas  untuk industri di negeri ini sudah mencapai 2.130 mmscfd.  Total kebutuhan gas untuk industri akan terus meningkat seiring dengan rencana pengembangan industri di masa depan. Terlebih, pertumbuhan industri yang dianggap sebagai motor perekonomian di Indonesia, akan terus digenjot pemerintah sesuai dengan target yaitu sebesar 7,14% pada tahun ini. Khusus untuk permintaan Oksigen, tiap tahun permintaan akan gas ini terus bertambah untuk kebutuhan industri manufaktur baja. Gas ini membantu dalam proses manufaktur yang terus-menerus bisa ditingkatkan.

Kegunaan baja terlihat di banyak tempat yang tidak kita duga. Misalnya, Anda dapat menemukannya di balik tutup piano besar. Kawat di dalamnya, salah satu baja terkuat, menghasilkan musik yang indah. Baja mangan Hadfield digunakan untuk membuat penghancur batu besar, dan semakin keras baja itu memecahkan batu, semakin kuatlah baja itu. Baja antikarat dibuat menjadi pisau bedah, tong anggur, dan mesin es krim. Seperti jumlah rambut di kepada Anda, kegunaan baja banyak sekali, tak terhitung. Setiap tahun, hampir 800.000.000 ton baja dihasilkan di seluruh dunia. Tak akan ada baja tanpa besi, dan kebetulan, besi merupakan salah satu unsur yang paling melimpah di bumi. Dan industri baja dapat terus berkembang apabila ada pasokan gas industri yang stabil kepada industri-industri baja di negeri ini.

Proses manufaktur gas industri berbeda dari jenis industri lain, karena sebagian besar bahan bakunya yang diambil dari atmosfer. Karena beberapa gas-gas ini sangat volatile, mereka perlu jenis penanganan khusus dan penyimpanan untuk penggunaan yang aman. Sebagai contoh, hidrogen sangat mudah terbakar dan dibutuhkan penanganan yang extra hati-hati dalam penyimpanan. Sebuah produsen gas industri menyediakan peralatan penyimpanan dan pengolahan yang diperlukan untuk penanganan gas. Peralatan ini termasuk tangki penyimpanan, sistem distribusi, pembuluh tekanan, trailer kriogenik dan banyak lagi.

On March 25th, 2013, posted in: Berita
Comments are closed.